Kurang Darah Anemia

Kurang Darah Anemia – Suatu keadaan yang ditandai dengan kurangnya sel-sel darah merah (eritorist) karena kadar hemoglobin yang rendah dalam darah disebut juga dengan kurang darah anemia. Hemoglobin merupakan penyusun darah merah yang bertugas mengikat oksigen dari paru dan membawanya ke seluruh jaringan tubuh. Dalam pembentukan hemoglobin diperlukan zat besi, jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan menghambat pembentukan hemoglobin. Akibanya pembentukan sel darah merah terhambat sehingga mengakibatkan anemia. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan anemia, seperti kekurangan zat besi dan atau vitamin B12, kehamilan, kehilangan banyak darah karena menstruasi yang berlebihan saat mimisan, serta pendarahan gastrointestinal.

Kurang Darah Anemia

Kurang Darah Anemia

Kurang Darah Anemia

Sesungguhnya kurang darah anemia bukanlah penyakit, melainkan gejala dari sejumlah penyakit yang ada di belakangnya. Kurang darah dapat berarti darah berkurang baik dalam hal jumlah sel darahnya (sel darah merah, sel darah putih, sel pembeku darah) atau mungkin berkurang dalam hal kualitas sel darah memrah.  Satuan pengukur kualitas sel darah merah dipakai pemerah sel darah merah atau hemoglobin (Hb). Dengan mengukur beapa besar kadar Hb dapat diketahui apakah darah tifak terglong anemia. Ukuran anemia tidaknya ditentukan oleh kadar Hb. Selain itu, anemia juga ada yang ditentukan oleh ukuran jumlah dan sifat sel darah merahnya. Anemia kekurangan zat besi  (F2) berbeda kelainan sel darah merahnya dengan anemia kekurangan vitamin B12, folic acid atau sebab kekurangan protein. Demikian pula anemia ebab mendadak banyak mengeluarkan darah (pendarahan).

Kurang darah anemia pada kaum wanita lebih sering jenis yang kekurangan zat besi, sebab darah rutin terbuang oleh keluarnya darah haid. Jadi kalau diperiksa anemianya tergolong defisiensi zat besi. Obatnya  dengan menambah tablet zat besi (sulfas ferosus). Perempuan yang haidnya banyak dan lebih sering atau mengidap penyakit cacingan (cacing tambang) atau wasir yang sering berdarah, mengidap kanker, p0penyakit kelainan darah, umumnya tergolong anemia jenis kekurangan zat besi juga. Selain keluhan lesu, letih, dan lemas, pengidap anemia gampang dikenali dengan melihat wajah yang pasi, selaput merah mata (conjunctiva) yang lebih pucat, telapak tangan putih, begitu dengan warna bibir yang tidak semerah delima. Terapinya tak cukup hanya dengan menambah tablet  zat besi. Sambil dinaikkan kadar Hb-nya dengan preparat zat besi, sekaligus penyebab anemianya harus dicari, lalu ditanggulangi.

Kurang darah anemia mengurangi produktifitas, menganggu kerja dan tampilan ehari-hari. Jika diidap selam hamil , mengganggu janin dikandungan. Pada persalinan beresiko  terjadi pendarahan jika anemianya tergolong berat, bisa membebani kerja jantung. Lama-lama jantung membengkak dan akhrnya bisa payah jantung (heart failure) juga.

Kebanyakan perempuan hamil kita kedapatan anemia. Pemberian tambahan tablet zat besi diperlukan. Jika sel darah kekurangan kandungan Hb, maka daya mengikat oksigennya rendah. Berarti pasokan oksigen buat anak yang dikandung juga tidak optimal sehingga pertumbuhan anak dalam kandungan  tidak penuh.

Gejala Kurang Darah Anemia

Gejala kurang darah anemia adalah :

  1. Kelopak mata pucat
    Untuk mendeteksi seseorang terkena masalah penyakit anemia atau tidak adalah terbilang cukup mudah, lihatlah kelopak matanya. Jika kelopak matanya pucat yang terlihat di bagian bawah mata.
  2. Sering mengalami kelelahan
    Jika Anda sering merasakan kelelahan seoanjang waktu paling tidak selama 1 bulan atau bahkan lebih bisa jadi Anda mengalami masalah penyakit anemia yang disebabkan karena jumlah sel darah merah yang rendah. Selain itu pasokan dari energi tubuh yang sangat bergantung dari oksidasi dan juga sel darah merah yang menjadi semakin rendah pada sel darah merah, tingkat dari oksidasi di dalam tubuh yang juga akan mengalami penurunan.
  3. Sering mual
    Untuk penderita penyakit anemia, baisanya mereka akan merasakan sering gejala morning sickness atau mual setelah mereka bangun tidur atau setelah bangun dari tempat tidur.
  4. Sakit kepala
    Penyakit anemia atau kurang darah sering menunjukkan suatu gejala sakit kepala dengan terus menerus. Kukurangan dari sel darah merah ini akan membuat otak mengalami kekurangan asupan oksigen. Hal ini juga sering mengakbatkan penderita mengalami masalah sakit kepala.
  5. Ujung jari pucat
    Disaat Anda sedang menekan ujung jari, maka biasanya mereka yang menderita penyakit anemia akan mengalami perubahan pada ujung jari. Perubahan yang terjadi pada ujung jari akan berubah menjadi pucat dan menjadi putih.
  6. Sesak nafas
    Akibat dari jumlah sel darah yang rendah yang bisa menurunkan tingkat dari oksigen di dalam tubuh. Hal ini akan membuat penderita anemia akan sering mengalami masalah sesak nafas dan sering terengah-engah atau nafas pendek disaat sedang melakukan aktivitas mereka sehari-hari misalnya adalah saat sedang berjalan.
  7. Denyut pada jantung yang tidak teratur
    Palpitasi merupakan istilah medis untuk kondisi denyut jantung yang berdetak dengan tidak teratur, detakan yang terjadi terlalu kuat atau juga mempunyai kecepatan yang tidak normal. Disaat tubuh sedang mengalami masalah kekurangan oksigen, denyut jantung biasanya lama kelamaan akan meningkat dan hal ini akan menyebabkan jantung menjadi berdebar tidak teratur dan menjadi lebih cepat.
  8. Wajah yang pucat
    Penderita anemia biasanya akan mengalami wajah pucat dan kulit yang trlihat agak berwarna putih kekuningan.
  9. Rambut rontok
    Masalah rambut rontok bisa saja menjadi salah satu gejala dari penyakit anemia. Disaat kulit kepala tidak bisa mendapatkan makanan yang cukup di dalam tubuh, maka biasanya Anda akan mengalami penipisan yang terjadi pada rambut dengan cepat.

Kurang Darah Anemia


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kurang Darah and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *