Makanan Untuk Penderita Kurang Darah

Makanan Untuk Penderita Kurang Darah  –  Sel darah merah (eritrosit) atau sering disebut hemoglobin menjadi suatu komponen yang sangat penting yang berperan aktif sebegai pengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. hemoglobin dalam eritrosit sendiri mempunyai peran penting untuk mengantarkan sekitar 98% okesigen ke seluruh tubuh. eritrosit yang terdapat di dalam tubuh menyimpan sekitar 2,5 gr besi, yang mewakili sekitar 65% kandungan besi yang terdapat di dalam tubuh.

makanan untuk penderita kurang darah

makanan untuk penderita kurang darah

Proses eritrosit diproduksi dengan dinamakan eritropoesis. Yang secara kontinu eritrosit diproduksi pada sumsum tulang, dengan kecepatan produksi sekitar 2 juta eritrosit/ detik. Produksi tersebut dapat distimulan oleh (EPO) hormone eritopoetin yang disentesa oleh ginjal. Oleh karena itu jumlah eritrosit harus seimbang, tidak boleh lebih atau berkurang. Dengan berkurangnya sel darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia atau kurang darah.

Cara mengatasi kurang darah atau anemia paling mudah ialah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah. Berikut beberapa makanan untuk penderita kurang darah yang dapat konsumsi untuk menambah sel darah merah.

Beberapa Makanan Untuk Penderita Kurang Darah :

Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang mengandung vitamin C. Dengan jumlah kandungan vitamin C pada buah jambu ini dapat membantu memperbanyak produksi sel darah merah di dalam tubuh. kandungan tersebut dapat meningkatkan sel darah merah dua kali lebih banyak dari buah jeruk, akan tetapi sedikit orang yang mengetahui menfaat buah jambu ini.

Jeruk

jeruk

Siapa yang tak kenal dengan buah jeruk? Buah jeruk sangat terkenal dengan memiliki kandungan vitamin C. Vitamin tersebut dapat menambah sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat baik bagi penderita anemia. kandungan pada jeruk tidak hanya vitamin C, namun ada kandungan lain seperti Serat, asam folat dan antioksidan.

Buah Naga

Menurut orang China, buah naga dapat membawa keberuntungan dan memberi keberuntungan. Meskipun khasiat buah ini belum sepenuhnya diyakini dapat membantu menyembuhkan anemia namun karena buh naga ini menjadi salah satu sumber vitami A makan buah naga ini dapat dikatakan sebagai buah penambah darah.

Tebu

Sampai saat ini masyarakat kebanyakan belum mengetahui bahwa tebu termasuk jenis buah-buahan atau sayur-sayuran atau jenis lain. Namun tidak masalah tebu termasuk dalam jenis apa, karena tebu merupakan cemilan favorit yang dikususkan untuk anemia pada wanita. Hasil penelitian menujukkan bahwa tebu memiliki kandungan terbanyak di dalamnya ialah zat besi, dan itulah sebabnya tebu salah satu makanan penambah darah.

Pepaya

Buah pepaya ini terkenal dengan kemampuannya untuk melancarkan buang air besar, mengatasi BAB tidak macet dan gangguan salauran pencernaan lainnya. Namun buah pepaya juga sangat baik untuk mengatasi kurang darah atau anemia, karena buah pepaya ini memiliki dua kandungan yang dibutuhkan bagi penderita darah rendah, yaitu vitamin C dan asam folat.

Kembang Kol

Sayuran yang berwarna putih kehijauan biasa dijadikan lalapan sayuran untuk makan ikan goreng. Kandungan zat gizi yang terkandung sangat baik untuk meregenerasikan sel darah merah (hemoglobin). Selain itu ada banyak kandungan yang tak kalah penting pada kembang kol ini yaitu, protein, kalsium, niasin dan tamin.

Kangkung

kangkung - Kurang Darah

kangkung – Kurang Darah

Siapa yang tidak kenal dan suka dengan sayuran sayuran berwarna hijau ini? Dengan mengkonsumsi makanan sehat sederhana ini sebagai penambah darah. Usut punya usut, sebab seluruh bagian kangkung berwarna hijau dan kandungan zat besi yang sangat tinggi membuat sayuran kangkung ini menjadi sayuran penambah darah yang paling disarankan untuk menjadi  makanan untuk penderita kurang darahatau darah rendah.

Bayam

Sayuran ini merupakan sayuran hijau yang sangat baik untuk penderita anemia. sebaiknya sebelum masa haid tiba disarankan untuk wanita mengkonsumsi sayur bayam karena sayur bayam berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah.

Udang

Udang - makanan untuk penderita kurang darah

Udang – makanan untuk penderita kurang darah

Udang salah satu seafood yang dapat mengundang pro dan kontra di lidah setiap orang, apalagi bila sudah masuk ke dalam tubuh. Ada sebagian orang yang mengalami alergi dengan udang dan adapun yang tidak alergi. Sebelum anda mengkonsumsi makanan laut penambah darah yang satu ini ada baiknya jika anda memeriksa terlebih dahulu, apakah tubuh anda sensitif dengan udung atau tidak.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan makanan laut yang dapat memasok vitamin B12 yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia. manfaat lain dari vitamin B12 dalam tubuh adalah membelah sel dan menjaga sistem saraf serta sel dan diperlukan untuk proses pembentukan DNA. Tidak heran jika ikan salmon ini di masukkan ke dalam daftar makanan untuk penderita kurang darah.

Kacang Hijau

Kacang hijau dapat menjadi cara mengatasi kurang darah karena kandungan zat besi yang terkandung di dalamnya. Kacang hijau juga dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan, dermatitis dan neurologis. Akan tetapi kacang hijau akan jadi penghambat penyerapan zat besi karena kandungan fitat tinggi yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu ada baiknya jika anda mencari alternatif lain selain kacang hijau.

Cara Pemesanan Obat Kurang Darah

Obat Kurang Darah Herbal, Alami, Tradisional Untuk Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh

Harga Obat Kurang Darah K-Link Liquid Chlorophyll 1 Botol isi 500 ml = Rp.175.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Kurang Darah, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap 


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kurang Darah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.