Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Penyakit Anemia Atau Kurang Darah – Pernah menderita penyakit kurang darah? Tahukah Anda apa nama kedokteran penyakit kurang darah? Penyakit kurang darah disebut juga dengan penyakit anemia. Penyakit anemia atau kurang darah ini biasanya ditandai dengan suatu keadaan sel-sel darah merah atau eritrosit yang berkurang produksinya karena rendahnya dari kadar hemoglobin yang ada di dalam darah. Penyebab anemia atau kurang darah ini adalah karena kekurangan zat besi atau juga kurangnya konsumsi vitamin B12.

Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Penyebab lain dari penyakit anemia atau kurang darah lainnya adalah disebabkan karena sedang hamil, darah yang keluar terlalu banyak saat menstruasi sedang berlangsung. Mimisan yang terjadi dengan sering serta pendarahan yang terjadi gastrointestinal juga merupakan salah satu penyebab dari kurangnya darah di dalam tubuh.

Gejala yang ditandai dari penyakit anemia atau kurang darah adalah lesu, lemah, muka pucat, dan tidak bergairah. Kadang juga ditambah dengan sakit kepala, mudah marah. Tidak fokus dalam melakukan sesuatu dan lebih riskan untuk terserang berbagai infeksi. Mereka yang biasanya mengalami masalah kurang darah yang parah akan menunjukkan suatu gejala anemia atau kurang darah  seperti kuku yang rapuh dan sendok, bibir pecah-pecah, lidah lunak, dan sulit untuk menelan.

Cara Mengobati Penyakit Anemia

Cara mengobati penyakit anemia atau kurang darah bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti dibawah ini :

Daun Bayam Duri

Bahan : satu genggam daun bayam duri, 1 buah kuning telur, dan 1 sdm madu murni.
Cara membuatnya : Cuci bersih terlebih dahulu daun bayam duri kemudian digiling sampai halus. Kemudian dicampurkan dengan setengah gelas air yang sudah matang, peras dan kemudian saring. Setelah itu masukkanlah satu buah kuning telur ayam dan juga satu sdm madu, setelah itu dikocok hingga semua tercampur merata.
Cara pemakaian : konsumsilah ramuan ini untuk diminum 2 kali dalam sehari dengan kadar dosis setiap kali minumnya adalah satu gelas .

Cara Mengatasi Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Cara mengatasi masalah penyakit anemia atau kurang darah adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini :

  1. Makanan yang mengandung zat besi
    Zat besi digunakan oleh tubuh untuk pembentukan hemoglobin. Hemoglobin bisa membantu membawa serta menyimpan oksigen di dalam tubuh. Selain itu juga mengonsumsi jenis makanan yang alami yang mengandung zat besi bisa membantu mencegah terjadinya anemia dan juga memastikan sel-sel di dalam tubuh mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sumber dari zat besi yang berasal dari makanan antaara lain adalah makanan seperti daging merah, daging organ misalnya seperti ginjal dan hati, dan juga kacang-kacangan yang termasuk salah satunya adalah kacang lentil, sayuran yang berdaun hijau, misalnya adalah sayur bayam dan kangkung, plum kering dan juga kismis kering dan kuning telur.
  2. Makanan kaya akan vitamin B12
    Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang sangat penting untuk proses dari sintesis DNA dan juga untuk produksi dari sel darah merah yang ada di dalam sumsum tulang. Selain itu, rendahnya tingkat dari B12 yang bisa mengakibatkan terjadinya pembelajan pada sel yang tidak normal dalam sumsum tulang sehingga akan memproduksi sel darah merah yang belum matang yang dienal dengan istilah megalobstatis. Pasien dengan kasus penyakit seperti ini akan mengalami penyakit anemia meganloblastik karena sel-sel darah merah yang tidak normal yang bisa menyimpan atau juga mengangkut suplai oksigen masuk ke dalam sel tubuh. Sumber-sumber dari vitamin B12 yang alami yang bisa didapatkan dari makanan akan bisa ditemukan didalam jenis makanan hewan misalnya seperti produk makanan olahan yang sudah diperkaya dengan vitamin B12, misalnya seperti hati sapi, daging merah, telur susu, produk susui, sereal dan juga ragi gizi. Anda juga disarankan untuk memeriksa label dari produk makanan untuk membantu memeriksa keadaan dari vitamin B12 yang dikandung pada masing-masing produk yang hendak Anda konsumsi.
  3. Makanan yang mengandung asam folat tinggi
    Asam folat dikenal juga sebagai salah satu vitamin B9, dan merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang bisa membantu tubuh Anda untuk bisa menghasilkan sel-sel darah merah baru yang sehat. Dan seseorang yang mengalami kekurangan asam folat maka mereka akan beresiko mengalami masalah penyakit anemia atau kurang darah. Contoh jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi adalakh roti dan juga serea atau makanan olahan yang mengandung sayuran hijau jenis kangkung dan bayam, kacang kering, kacang polong serta kacang-kacangan. Dan sebagai tambahannya adalah, asupan dari vitamin C yang sangat cukup juga merupakan salah satu hal penting untuk membantu proses penyerapan dari zat besi dalam makanan. Dan sumber dari vitamin C yang baik beberapa diantaranya adalah seperti buah jeruk, buah melon, buah berri, buah leci, dan buah jambu biji.
  4. Makanan laut
    Untuk Anda penderita penyakit anemia atau kurang darah, maka mengonsumsi jenis makanan hidangan laut dari haiwan yang dimakan paling tidak sekurang kurangnya 3 kali dalam seminggu.

=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kurang Darah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *