Penyebab Anemia

Penyebab Anemia – Anemia lebih banyak menyerang wanita pada umumnya. Hemoglobin terdapat dalam sel darah merah dan berturut-turut membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab Anemia

Berkurangnya hemoglobin didalam darah akan mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen. Gejalanya adalah badan menjadi lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai. Wajah tampak pucat, mata berkunang-kunang dan kurangnya nafsu makan. Akibatnya produktivitas menurun, vitalitas dan kebugaran tubuh menurun, rentan terhadap penyakit, dapat mengakibatkan kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau bahkan prematur, serta memperbesar resiko kematian.

Penyebab Anemia

Penyebab Anemia

Faktor resiko terjadinya aneia kekurangan zat besi memang lebih banyak terjadi pada wanita, dibandingkan pada kaum pria. Karena cadangan zat besi dalam tubuh wanita lebih sedikit dibandingkan pria, sedangkan kebutuhan per harinya justru lebih tinggi.

Setiap harinya seorang wanita akan kehilangan sekira 1-2 mg zat besi melalu ekskresi secara normal. Pada saat haid, kehilangan zat besi bisa bertambah hingga 1 mg lagi. Kebutuhan zat besi pada wanita juga meningkat pada saat hamil, seorang ibu tidak saja dituntut memenuhi kebutuhan zat besi untuk dirinya, tetapi juga harus memenuhi kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janinnya.

Cara Mencegah Kekurangan Zat Besi

  1. Mengonsumsi vitamin atau zat penambah darah
  2. Olahraga teratur
  3. Istirahat yang cukup

Zat besi dari sumber alami dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti:

1. Hati
2. Jantung
3. Kuning telur
4. Kerang
5. Daging sapi
6. Ikan
7. Unggas
8. Kacang-kacangan
9. Nasi beras merah
10. Sayuran hijau seperti daun katuk, daun singkong, daun pepaya, daun bayam.

Penyebab Anemia

Penyebab anemia bisa disebabkan karena berbagai jenis hal dan sekitar terdapat 400 jenis penyakit anemia atau kurang darah yang secara garis besar dibagi menjadi 3 kelompok yakni adalah :

  1. Penyakit anemia yang penyebab anemia karena kehilangan darah
  2. Penyebab anemia karena produksi dari sel darah merah yang menurun
  3. Penyebab anemia akibat dari kerusakan yang terjadi di sel darah merah.

Penyebab anemia karena kehilangan darah

Hal ini biasanya disebabkan karena disaat seseorang sedang mengeluarkan darah aatu sedang mengalami pendarahan disaat terjadi kecelakaan, terluka, menstruasi dan lain sebagainya. Namun pendarahan yang bisa terjadi secara perlahan namun dengan jangka waktu yang lama kadang juga tidak terdeteksi dengan baik sebagai salah satu penyebab anemia. Ini biasanya disebut dengan pendarahan kronis yang diakibatkan karena beberapa hal seperti :

  1. Penyakit pada saluran pencernaan misalnya adalah seperti penyakit maag, wasir ambeien, gastritis atau radang lambung dan penyakit kanker.
  2. Penggunaan dari obat anti-inflamasi atau OAINS misalnya seperti jenis aspirin atau jenis ibuprofen yang bisa menjadi pemicu dari gastritis dan pendarahan pada saluran pencernaan.
  3. Mengalami menstruasi dan proses persalinan pada wanita apalagi jika terjadi pendarahan menstruasi yang terjadi dengan berlebihan.

Penyebab anemia akibat produksi sel darah merah kurang

Anemia bisa disebabkan karena kurangnya kuantitas serta kualitas dari sel darah merah di dalam tubuh yakni proses produksi dari sel merah atau terjadinya suatu gangguan pada pembentukan hemoglobin. Dan selain itu juga bisa terbentuk sel darah merah dan hemoglobin yang sangat tidak bagus sehingga fungsinya tidak bisa bekerja dengan lebih optimal lagi.

Penyebab anemia karena sel darah merah yang rusak

Disaat sel darah merah mengalami kerapuhan dan tidak bisa menahan stres teratur dari terjadinya sistem peredaran darah, maka hal ini akan menyebabkan sel darah merah menjadi pecah secara prematur yang akan menyebabkan terjadinya penyakit anemia hemolitik. Penyakit anemia hemolitik yang hadir disaat sedang lahir atau saat sedang berkembang kemudian. Dan terkadang juga tidak diketahui apa hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa penyebab dari penyakit anemia hemolitik yang sudah diketahui adalah :

  1. Faktor keturunan misalnya adalah untuk penderita penyakit anemia sel sabit dan penyakit talasemia.
  2. Stres akibat infeksi, obat-obatan jenis tertentu, racun ular serta gigitan laba-laba dan juga akibat jenis makanan tertentu.
  3. Racun yang berasal dari penyakit hati lanjut atau penyakit liver kronis atau penyakit ginjal.
  4. Serangan yang terjadi tidak tepat oleh sistem kekebalan tubuh yang biasanya disebut dengan istilah penyakit hemolitik pada bayi yang baru saja lahir, disaat terjadi pada janin yang sedang ada di dalam kandungan.
  5. Pencangkokan vaskular, katup pada jantung prostetik, atau penyakit tumor, akibat luka bakar, paparan pada bahan kimia, penyakit hipertensi atau darah tinggi kasus berat dan terjadinya gangguan pada pembekuan darah.
  6. Untuk kasus yang jarang terjadi, masalah pembesaran pada limpa bisa menjadi menjebak sel darah merah dan kemudian akan menghancurkan mereka sebelum waktu peredaran habis.

Faktor Resiko Penyebab Anemia

Beberapa faktor resiko yang bisa mengakibatkan kurang darah terjadi adalah:

  1. Akibat kurang konsumsi vitamin
    Kurangnya asupan zat besi, kurangnya vitamin B-12 dan juga kandungan asam folat yang bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit kurang darah.
  2. Gangguan usus
    Gangguan yang terjadi pada usus akan sangat mengganggu sistem penyerapan pada nutrisi, misalnya seperti penyakit Crhon dan juga penyakit celiac yang mengakibatkan terjadinya resiko penyakit kurang darah.
  3. Menstruasi
    Menstruasi yang terjadi pada wanita setiap bulannya juga akan beresiko pada penyakit kurang darah.

Penyebab Anemia


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kurang Darah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>